BREAK

kenapa tidak ingin dikasihani?


dikasihani orang lain

Dikasihani adalah bentuk kepedulian orang lain. Siapapun itu, orang yang dikasihani berarti sedang berada posisi dibawah orang yang sedang mengasihaninya. Bahkan posisi terendah diantara banyak orang.

dikasihani merupakan bukti bahwa seseorang secara tidak langsung adalah orang yang lemah tak berdaya. Tak ada bedanya dengan seorang pecundang. Hanya saja dikasihani terlihat sedikit lebih ‘elegan’.

Sebagian orang dikasihani karena memang harus dikasihani. Mungkin banyak sekali kekurangan yang dimilikinya. Banyak hal yang memang harus dimintai bantuan orang lain. Tidak bisa menolak.

Sebagian orang merasa ‘terhina’ karena harus dikasihani. Merasa dirinya lebih tinggi derajatnya dari orang lain. Ketika orang lain (yang derajatnya lebih rendah darinya) memberikan pertolongan, ia menolak. Ia merasa dirinya tidak sudi untuk ditolong oleh orang yang derajatnya lebih rendah darinya.

Sebagian orang, merasa ‘malu’ karena harus dikasihani. Merasa dirinya tidak pantas untuk dikasihani. Merasa bahwa dirinya sudah terlalu merepotkan dan menyusahkan orang lain. Ia tak mampu membalas kebaikan orang-orang yang mengasihaninya. Ia akan merasa terbebani dan malah menimbulkan rasa ‘bersalah’ tehadap orang yang menolongnya.

Maka, diluar sana, banyak alasan kenapa seseorang tidak ingin dikasihani.


JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...
 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates