BREAK

Ini kelamahan Youtube dalam pembatasan usia penonton

Saya pernah membuka sebuah video yang ketika saya klik video tersebut, ada sebuah peringatan pada layar video menyatakan umur saya belum cukup untuk menonton video nya.

Kelemahan youtube


Ternyata video tersebut diberi rating dewasa. Jadi bagi vievers yg mau menonton videonya harus berumur minimal 18 tahun. (Umur saya 17 tahun. Setaun lagi donk *eh)

Dari mana youtube tahu umur saya dibawah 18 tahun? Mereka tahu dari profil akun google.

Pernah kan kita daftar membuat email di layanan gmail? Nah biasanya ketika kita mengisi formulir pendaftaran gmail, selain kita disuruh mengisi nama, password dan lain sebagainya. kita juga disuruh mengisi tanggal lahir kita. Nah dari situlah youtube mengetahui umur kita. Layanan youtube terintegrasi langsung dengan akun gmail.
Kelemahan youtube

Kalaupun kita belum login ke youtube menggunakan akun gmail, kita tetap tidak bisa masuk ke video yg diberi rating dewasa. Karena sebelumnya kita harus login terlebih dahulu dan secara otomatis youtube akan melihat data tanggal lahir kita melalui tanggal lahir yg pernah kita cantumkan ketika mendaftar di gmail.
Kelemahan youtube


dan data tanggal lahir tersebut bersifat permanen alias tidak bisa di edit.

Walaupun cara youtube ini berhasil untuk meng filter pengguna dibawah umur. Namun Kelemahannya, ketika mendaftar gmail, ada oknum yang bisa saja mengakali tanggal lahirnya dengan tanggal lahir palsu.  Kalaupun umur sebenarnya adalah dibawah 18 tahun, tapi seseorang bisa saja mengisi tanggal lahirnya dengan kelahiran tahun yang tua misal, tahun 1977.

Maka dari itu, walaupun sudah di rating 18 tahun, video tetap berkemungkinan dilihat oleh anak dibawah 18 tahun.

Kelemahan lain youtube terhadap video berating dewasa adalah Tidak semua video kekerasan dan vulgar dimasukan ke rating dewasa. Ada dua penyebab:

1. Pengunggah atau orang yg upload videonya (sengaja maupun tidak sengaja) tidak me-rating videonya ke kategori dewasa.

Kelemahan youtube

Ketika upload video ke youtube. Akan ada  opsi yang memberikan kita pilihan apakah video yg kita upload adalah kategori video dewasa, atau umum. Mungkin ada pengunggah 'nakal' yang meskipun video seharusnya dirating dewasa, namun ia memilih opsi umum kedalam videonya. Jadi video masih bisa dibuka oleh semua umur.

2. Banyak Video musik/music video atau video klip tidak diberi rating dewasa
video trouble maker
salah satu video yang dberi raring  "19"


walaupun didalamnya terdapat adegan yang tidak cocok ditonton oleh anak-anak (Mungkin karena kontennya adalah sebuah lagu) banyak video musik yang banyak disisipi adegan kekerasan dan vulgar namun lalu memiliki rating umum. Hal ini jadi kelemahan vatal dari youtube sendiri.

Dengan beberapa kelemahan youtube tersebut apa yang bisa kita lakukan? Tidak ada cara lain selain meng-filter konten youtube dari diri kita sendiri. Selain itu, harus adanya pengawasan terhadap anak-anak dibawah umur. Perlu juga bagi orang dewasa yang sudah menggunakan akun youtube untuk signout terlebih dahulu. Jangan sampai anda meninggalkan akun youtube dalam keadaan masih login. Takutnya suatu waktu ada anak kecil yang membuka youtube dari akun anda karena   akun yang anda gunakan merupakan akun yang tidak ada filter videonya .

JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...
 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates