Masalah Hidup Mendewasakan Diri

Masalah hidup

Banyak momen yang menuntut seseorang menjadi pribadi yang dewasa. Salah satunya masalah hidup yang mendera semua orang. Banyak orang terkekung oleh masalah hidupnya sendiri sehingga melakukan judgement atau malah menyalahkan orang lain, diri sendiri bahkan Tuhan karena merasa berada pada posisi hidup yang tidak adil.

Padahal kita mestinya sadar bahwa masalah hidup tak akan hilang sampai manusia mati. Masalah itu ada, bisa jadi hilang kemudian akan muncul lagi. Hakekatnta kita tidak pernah bisa menghindari masalah. Tapi kita dihadapkan pada fase apakah kita mampu atau tidak menghadapi masalah itu.

Dan perlu disadari kalau semua orang punya porsi masalahnya sendiri dan jangan merasa kalau kita adalah orang yang yang paling sengsara. Orang lain bisa jadi memegang beban hidup yang lebih besar tanpa kita sadari. Atau jika kita ingin melihat lebih terbuka, media massa maupun media sosial banyak bercerita tentang persoalan hidup orang lain yang lebih menderita, lebih bikin kita miris, sedih.

Dari situ kita akan menyadari kalau kita tidak sendirian dalam menghadapi cobaan hidup. Kita sama-sama berada pada posisi yang tidak selamanya baik. Dan yakinkan bahwa ada masa dimana kita akan berada diatas dan melihat masalah sebagai sesuatu yang kecil. Kita yakin, kita bisa menghadapinya dengan lapang dada.

Jika kita berada pada titik terendah, memang tidak mudah untuk keluar dari masalah. Bahkan terkadang kita merasa nasehat dan quote indah di medsos cuma jadi bullshit yang tidak bisa memberi solusi apa-apa. Semua masukan orang-orang terkadang tidak masuk ke otak dan kita merasa "mereka tidak akan mengerti masalah saya." Lalu hal yang sering kita lakukan adalah bermanja-manja dengan kesedihan. Mengurung diri dari dunia luar.

Sebetulnya tidak masalah dengan kesedihan atau menangis sekencang-kencangnya karena merasa tidak sanggup menghadapi cobaan hidup. Sedih, nangis, itu manusiawi. Itu sikap yang pasti dilakukan semua orang karena manusia punya hati, punya perasaan yang jika tergores pasti akan merasa kesakitan. Tapi kemudian menjadi salah jika kita menghadapinya secara berlebihan. Tidak mau mencari solusi atau setidaknya menenangkan diri untuk sejenak melepas kesedihan.

Semua orang punya jalan hidupnya sendiri dan let's say sebesar apapun masalah hidup kalian, ada waktu masalah itu akan lewat dengan sendirinya asalkan kita menghadapinya dengan ikhlas. Percayalah bahwa kita akan menyadari masalah-masalah yang sudah terlewati akan membawa kita pada proses mendewasaan diri. Tidak ada orang yang tidak belajar dari masalah hidup. Semua orang bisa menjadi manusia lebih baik karena masalah hidupnya.

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram