BREAK

Susahnya Jadi Kontributor Portal Web

portal web
wikipedia  
Di artikel sebelumnya, kanda sempat membahas alasan banyak portal web membuka lowongan kontributor.

Yang kanda tahu, Ada beberapa portal web yang membuka lowongan kontributor dan siap membayar tulisan kita dengan harga yang cukup untuk beli tiket ke bioskop + beli popcorn dengan catatan tidak ajak selingkungan.

Contohnya  UCNews, Babe dan JalanTikus. Kanda coba daftar semuanya, tapi tidak ada yang digeluti secara serius. Bahkan kanda hanya menulis 2 tulisan yang terbit kemudian tidak bersemangat menulis lagi. Lantas masalahnya apa?

Perlu diketahui menulis di kontributor itu banyak tantangannya dan rasio tidak diterimanya lebih besar. Portal web yang sudah punya nama punya puluhan ribu kontributor. Sedangkan dalam sehari, portal web hanya menerbitkan beberapa tulisan saja. Jelas, menjadi kontributor ini sulitnya bukan main.

Kalaupun bisa, tulisan berhasil terbit, ya alhamdulillah. Tapi di situs seperti IDNTimes perlu perjuangan keras untuk mendapat uang sebesar 50 ribu saja. Kita harus mengumpulkan sejumlah poin kemudian kalau sudah terkumpul banyak bisa ditukar dengan sejumlah uang. Dan untuk mengumpul 5000 poin untuk 50 ribu itu tidak semudah yang  dipikirkan.

Ada beberapa portal web yang tidak membayar sama sekali. Tapi ini kembali pada niat kontributornya. Mau nulis untuk dibayar, atau nulis dengan ikhlas atas dasar hobi dan ingin tulisan kita dibaca banyak orang.

Sebetulnya, kontributor ini tidak jauh berbeda dengan ‘kontributor’ tulisan di media cetak seperti koran dan majalah. Kalau boleh dihitung-hitung malah bayarannya cukup lebih besar daripada mengirim tulisan ke portal web.

Tapi, Keduanya punya persaingan yang sama-sama ketat. kalau orientasi utamanya ingin mendapat uang, ya lebih bagus kirim ke portal web dan media cetak. Bila ingin sekedar mendapat uang jajan yang tak seberapa, melamar saja jadi content writer (penulis tetap) di beberapa blog atau web kecil yang punya niche khusus.

Walaupun bayarannya lebih kecil tapi tulisan kita dijamin bisa terbit asalkan kita bisa mengikut aturan main dari si admin blognya.




JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...

6 comments :

 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates