BREAK

Alasan Dibalik Banyak Portal Web Membuka Lowongan Kontributor

Bagi yang belum tahu, Kontributor atau lebih lengkap lagi dipanggil Kontributor Penulis adalah sebuah pekerjaan lepas dimana kita akan dibayar pada setiap tulisan yang berhasil terbit di sebuah portal web.

Caranya kerjanya cukup simple. Kita menulis, kirim ke redaksi portal web, tunggu, bila disetujui kita akan diberi upah atau honor. Prosedurnya mirip seperti kita mengirim tulisan ke koran atau majalah.
kontributor
pixabay.com
Sekarang ini banyak sekali portal web yang dulunya hanya memperkerjakan content writer (penulis tetap) untu mengisi setiap artikel.

Tapi sekarang banyak pula yang membuka diri untuk ‘mengizinkan’ para netizen yang kebetulan hobi menulis agar bisa berkontribusi membuat tulisan. Jadi kita di tantang agar tidak hanya bisa membaca, tapi bisa menulis pula.

Ada beberapa portal web yang memberikan honor lumayan untuk setiap tulisan yang kita kirim, lolos seleksi dan terbit di web mereka.

Misalnya UC News dan Babe yang membayar sekitar 50 ribu per artikel yang terbit. Adapula IDNTimes yang lebih bermain dengan jumlah poin, jika sudah masuk besaran poin tertentu kita bisa mencairkan poin itu menjadi sejumlah uang.

Lalu, kenapa sekarang ini banyak sekali tawaran dari berbagai web untuk menjadi kontributor penulis? Kira-kira ini analisanya:

1. Memberi kesempatan bagi orang yang suka menulis
Bagi sebagian orang, menulis adalah kesenangan. Banyak orang yang suka menulis pandangannya tentang satu hal atau sekedar menulis curhatan pribadinya di berbagai media.

Mereka tidak bayar tapi tetap mendapat kepuasaan batin ketika tulisannya di baca banyak orang. Nah, portal web membuka wadah bagi orang-orang yang suka menulis untuk berkarya lewat tulisan seluas-luasnya tanpa dibatasi oleh profesi atau latar belakang kita di masyarakat.

2. Tulisan lebih variatif
Karena artikel ditulis oleh umum, maka jumlah penulis akan sangat banyak. Siapa saja bisa menulis di portal web.

Tulisan akan jauh lebih beragam karena setiap orang punya pemikiran yang berbeda-beda dalam menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan sehingga membuka kontributor untuk umum bisa memberikan keuntungan sendiri bagi sebuah portal web dengan bervariatifnya pilihan artikel yang bisa di terbitkan.

3. Pemberian honoh atau upah lebih murah
kontributor penulis atau bisa disebut penulis lepas tidak memiliki keterkaitan dengan perusahaan atau portal web yang bersangkutan. Mereka tidak diberi gaji bulanan, bonus atau tunjangan-tunjangan lain. Mereka dibayar untuk sebuah artikel yang mereka tulis saja.

Jadi sebenarnya meng-”gaji” kontributor penulis bisa lebih murah (yang pasti lebih menguntungkan bagi perusahaan) daripada menggaji seorang karyawan tetap yang ditugaskan sebagai penulis konten di sebuah portal web.

4. Pilihan konten yang lebih banyak
Bayangkan, kontributor pada portal web seperti IDNTimes, mereka memiliki lebih dari 30 ribu kontributor yang siap menulis berbagai jenis konten.

Walaupun tidak semua tulisan kontributor di berhasil diterbitkan di portal web (karena ada seleksi tulisan oleh editor) akan tetapi tentu dalam setiap harinya, IDNTimes bisa menerima banyak tulisan yang (katankahlah) berkualitas.

hubungan kontributor adalah hubungan mutualisme. dua-duanya sama-sama medapat keuntungan. bagi kita yang tertarik menulis dan ingin menambah uang jajan bisa cari search di google beberapa portal web yang membuka 'lowongan' kontributor.

JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...

3 comments :

  1. memberi kesempatan bagi yang masih menganggur gan

    ReplyDelete
  2. Biar makin banyak orang yang kreatif

    ReplyDelete
  3. yang hobinya nulis artikelnya sangat berguna nih

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates