Merasa Sedih Setelah Bangun Tidur, Kok Bisa?

sedih setelah bangun tidur

Suatu sore, saya terbangun dari tidur siang. Masih dalam posisi rebahan, saya menatap langit-langit kamar. Saya belum mau terbangun dari kasur karena ada sesuatu yang membuat saya bingung. Perasaan saya tidak enak. Seperti ada yang mengganjal di hati saya. Nafas saya sedikit terisak, tersedu-sedu, seperti orang yang sudah menangis.

Seingat saya, waktu itu saya tidak sedang merasa sedih. Ketika tidur pun saya tidak memimpikan apa-apa. Tapi aura dalam diri saya seperti membawa saya pada perasaan yang sedih. Kejadian itu sebetulnya sudah lama.  Kalau tidak salah, terjadi pas SMA. Dan anehnya terjadi beberapa kali.

Selama ini saya berusaha mencari tahu kenapa saya bisa merasakan perasaan sedih yang aneh itu. Saya sebut aneh karena sedihnya tidak beralasan. Tiba-tiba saja, terbangun dari tidur dan merasa sedih.

Ketika seseorang sedih, pasti ada alasannya kan? Entah sedih karena orang tua sakit, sedih karena liat film atau sedih karena ditinggal pas lagi sayang-sayangnya.

Ada beberapa orang yang mengalami hal yang sama. Merasa sedih setelah bangun tidur. Tapi bedanya, saat tidur mereka bermimpi sesuatu yang menyedihkan. Misalnya bermimpi bertemu almarhum orang tua. Kemudian tiba-tiba terbangun dan merasa sedih. Kalau itu sedihnya wajar dan cukup beralasan ya.

Nah, kalau saya, sama sekali tidak bermimpi apa-apa, tapi merasakan perasaan yang sedih. Bingung kan? Saya akhirnya mencari informasi, bercerita pada teman, bahkan mencari jawaban yag sekiranya bisa dijelaskan secara ilmiah.

Saya hanya menemukan satu jawaban yang menarik dari seorang member Quora. Dia menulis:

Different feelings twirl in our mind and body when we get up from sleep. This is simply because of the bodily activities that start functioning as soon as you wake up. A good example of feeling sad after waking up is that of my father. 

He says he takes few seconds to realise where he is and why does he exist.. Though this sounds little esoteric, this is somethingt that happens to many people. A feeling of disintegration, loss of direction feeling of sadness, and most interestingly to feel like a baby for some seconds.


Kurang lebih maksudnya, perasaan-perasaan yang muncul setelah bangun tidur merupakan kondisi yang wajar dialami banyak orang. Itu terjadi karena tubuh belum bisa langsung menyesuaikan diri. Akhirnya tubuh secara random mengeluarkan perasaan-perasaan yang selama tidur berputar-putar dalam pikiran.

Secara kebetulan perasaan yang keluar dari pikiran saya waktu itu adalah perasaan sedih. Tidak menutup kemungkinan perasaan-perasaan lain akan muncul. Tapi sekali lagi, kebetulan saja ketika bangun itu hanya sedih yang muncul dalam pikiran saya.

Tapi itu tidak akan berlangsung lama. Setelah tubuh dapat menyesuaikan diri, barulah perasaan-perasaan aneh itu akan hilang. Saya tidak tahu itu ilmiah atau tidak. Tapi menurut saya jawaban Himashree Sarma cukup masuk akal.

Ada satu jawaban lain yang lebih saintifik. Tapi jawaban itu hanya menjawab, kenapa kita merasa sedih tanpa alasan? Singkatnya ada beberapa sebab. Diantaranya karena bisa jadi kita sedang depresi akan sesuatu, teringat memori buruk, atau pernah merasa kehilangan seseorang.

Tapi itu tidak memberikan jawaban yang relevan dengan apa yang terjadi pada saya karena posisinya saya baru saja bangun tidur, bukan dalam kondisi sedang beraktivitas.

Tapi saya coba berpikir lagi. Berpikir sambil memgawang-ngawang. Mencoba mengingat-ingat mungkin memang ini ada kaitannya dengan hal-hal yang terjadi di masa lalu saya.

Apakah dulu ada sesuatu yang selama ini membawa saya sedih? Ternyata memang ada. Tapi hal yang sedih itu sudah terjadi cukup lama dan saya sudah tidak memikirkan kejadian itu.

Kejadian menyedihkan yang sudah berbulan-bulan berlalu dan saya pun sudah lupa dengan kejadiannya. Tapi mungkin alam bawah sadar saya masih mengingat kesedihan itu.

Akhirnya memori sedih itu tiba-tiba muncul disaat yang tidak tepat. Hmm.. Apa benar begitu? Saya tidak tahu itu benar atau tidak. Itu cuma sekedar tebak-tebakan saya saja.

Apa kalian pernah merasakan apa yang pernah saya rasakan juga?


47 komentar:

  1. saya seorang mahasiswa yang pindah ke kota baru beberapa bulan lalu dan saya merasakan ini dua bulan setelah saya pindah ke kosan.pas selesai kelas pagi di hari senin, saya pulang untuk tidur siang dan memang cuaca yang panas membuat saya sedikit kesal. setelah dua jam lebih tidur, saya bangun dan merasa marah pada diri saya sendiri, setelah itu saya sedih dan pertanyaan mulai muncul kenapa saya bisa-bisanya marah setelah bangun siang. hari-hari selanjutnya saya jalankan dengan semacam rasa kekosongan. kenapa ya ini bisa terjadi hahahhaha jadi penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga masih penasaran, searching di internet juga belum ada alesan yang jelas :D

      Hapus
    2. Saya pun sampai ke artikel ini ,,karna searching mencari hal yang sama

      Hapus
  2. kisah kita sama, saya setiap bangun dari tidur siang saya selalu merasakan itu. mungkin karna saya sudah trlalu banyak memendam msalah saya.

    BalasHapus
  3. Sebenarnya saya ga saat bangun tidur aja sih. Pernah juga saat teringat akan kejadian yang membuat sedih itu, saya tiba-tiba menangis.

    BalasHapus
  4. saya sedang merasakan ini sekarang dan saya nangis tanpa tau hal apa yg memicu selain rasa sedih itu. setelah saya baca beberapa artikel bisa juga karna depresi, tp saya rasa saya bukan orang yg seperti itu. dan saya baca keseluruhan blog ini, mungkin benar ada memori buruk yg terputar, tapi saya tidak ingat sama sekali. rasa sedih ini belum hilang, apa yang harus saya lakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga tidak begitu mengerti apa yang saya rasakan, tapi seiring berjalannya waktu, perasaan aneh itu bisa hilang dengan sendirinya..

      Hapus
  5. Iya saya merasakan hal yang sama. Setelah bangun tidur tiba tiba merasa sedih lalu saya seperti diingatkan, saya menangisi saudara saudara saya dari keluarga ibu gtau kenapa yang saya ingat hanya kebaikannya saja. Saya merasa bersalah, saya merasa mereka terlalu banyak melakukan kebaikan kepada saya sehingga saya menangisi mereka

    BalasHapus
  6. Saya juga merasakan hal yang sama tapi anehnya ini terjadi disaat saya bangun dari tidur siang saja.Setiap saya bangun dari tidur siang saya selalu menangis histeris dan setelah beberapa menit baru kemudian saya tidak merasakan sedih lagi.

    BalasHapus
  7. Baru saja terjadi pada saya saat bangun pagi ini, saya tidak tau kenpa tiba" saya merasa sedih dan bingung akan diri saya sendiri

    BalasHapus
  8. Mirip bgtt kak sama kejadian yg saya alami, dan ini terjadi berulang2, tiba-tiba merasa sedih sebangun tidur siang. Terima kasih atas tulisannya, sangat bermanfaat🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, terimakasih juga telah membaca :D

      Hapus
    2. Saya juga setiap bangun tidur siang pasti sedih tanpa sebab🤣

      Hapus
  9. sama kak😅 malah kayak jadi melodrama.. apa karna kebanyakan nonton film ya🤣

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum.
    Sama bgt, saya juga mengalami hal ini semenjak SMA kelas 1 (2013) sampai sekarang (2020) ,terkadang ketika tidur jam 1 saya jadi sering kebangun sekitar jam set 3, suasana kamar saya jadi hampa, sepi, hati sakit kayak patah hati, bawaannya mau nangis aja, lama kelamaan dada kayak nyeri mau muntah aja, kepala pusing juga. Banyak yang bilang kalau saya stres atau terlalu banyak pikiran, tapi anehnya saya mengalami ini setiap hari dan tidak pernah berhenti sampai sekarang,jadi saya jarang sekali tidur siang. Jika ada yang tau mungkin ada cara mengatasinya, minta tolong komen ya, karena lelah juga seperti ini. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus konsultasi ke ahlinya sih. mungkin bisa konsul ke psikolog biar tahu penyebab utamanya :D

      Hapus
  11. Saya juga akhir2 ini tiap bangun tidur pagi2 suka sedih, tp setelah membaca artikel ini memang benar saya sedang ada hal yg dipikirkan yg lumayan membuat sedih. Jadi mungkin terbawa di alam bawah sadar saya sehingga pas bangun tidur perasaan tiba2 langsung sedih

    BalasHapus
  12. sama bangat kayak aku, tepatnya sekarang. tapi aku juga udah lama sih. selalunya pasti ingat keluarga (misalnya, "kalo bapak sama ibu udah ga Ada gimana" "kalo aku udah pergi jauh merantau gimana? ") pokoknya tbtb semuanya hampa, sakit hati bangat:( aku dulunya ngira cuma aku doang yg gini terus aku hiraukan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu ga sendirian, banyak orang yang juga mengalami kejadian seperti kamu kok :D

      Hapus
  13. Aku juga ngalamin :( setiap bangun tidur siang pasti ngerasa bersalah bgt tanpa sebab. Bangun tidur bukannya enak malah jadi capek :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, kalau sudah sering mengalami seperti itu, berarti harus kurang-kurangi tidur siang kayaknya

      Hapus
  14. Sama beberapa kali bahkan sering setiap bangun tidur ngerasa sedih hampa kosong kaya ga punya siapa2 gitu

    BalasHapus
  15. Sama kaya saya, tiap bangun rasanya sedih hilang semangat hidup sempat terlewat di benak tuk bundir, Untung bisa hilang setelah mutar musik favorit

    Saran dri saya kalo terjadi coba cari suara brisik atau keramaian

    BalasHapus
  16. Saya beberapa kali mersakan hal itu terutama waktu bangun tidur siang..yg saya rasakan hmpir sama tiba2 sunyi sepi dan teringat masa lalu..trutama msa kecil dulu yg indah dgn orang2 yg sdah tdk ad,saya khilangan orang2 itu dan msa kcilku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang mengingat masa lalu bikin kita sedih

      Hapus
  17. Sama sayapun begitu rasanya ga enak banget 😔

    BalasHapus
  18. saya juga pernah tbtb merasakan sedih ketika bangun tidur bahkan pernah merasa kosong seperti kehilangan padahal tidak Aduuhhhhh:(

    BalasHapus
  19. Aku jg akhir-akhir ini nerasain gitu. Kayak gada tenaga buat menjalani hidup. Baru bangun udah ngerasa beraaat bgt. Gelisah, khawatir trus sedih dan takut. Campur aduk. Pengen nangis tp gbsaa. *fyi.. aku baru putus sm mas pacar. Udh 5bln. Skrg tahap recovery. Mungkinkah krna itu? Em.. pdhl aku udh ga yg sedih bgt, udh tenang. Aku bingung knp bisa kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya dugaanmu benar, putus hubungan mungkin jadi salah satu penyebabnya. Meskipun sudah tidak sedih lagi, tapi tubuh dan pikiran mungkin masih butuh menyesuaikan diri untuk "move on" 🙄

      Hapus
  20. 24/06/2021

    Jam 17.12

    Ceritanya sangat persis yang aku alamin sekarang. Tapi ternyata aku kangen sama ibuku :) terus chat deh.. hehehe dan emang mungkin badanku lagi cape.

    BalasHapus
  21. Saya juga mengalami hal yang sama karena itu saya berusaha mencari jawaban daj tiba-tiba menemukan artikel ini. Sebenernya nggak cuma sedih aja tapi juga ngerasa kesepian dan kehilangan sehabis bangun tidur siang. Seperti "kok aku sendirian ya" dan merasa ada sesuatu yang hilang dan berkurang. Memang kedua orang tua saya bekerja dan pulang dan orang tua saya pulang malam jadi saya sendiri di rumah, tetapi bukan rasa sendiri seperti itu. Rasa sendiri yang bener-bener sendiri dan hal ini sudah saya alamin dari 2020 lalu ketika saya gapyear dan saat gapyear itu ada beberapa hal yang membuat tertorehnya beberapa luka batin di dada saya, rasanya perih, dan saat itu saya selalu merasa kesepian hingga setiap saya tidur siang dan bangun selalu merasa sendirian dan kesepian bahkan anxious yang seringkali akhirnya saya memutuskan untuk tidak tidur siang saja.

    Lambat laun saya bisa survive melewati 2021 dan sampai bulan ini dan sudah tidak menjadi seorang gapyear. Kemarin ada sebuah hal yang membuat luka batin saya terbuka lagi dan hal yang sama terulang lagi. Ketika mengetik ini, saya telah terbangun beberapa menit dari tidur sore saya dan saya merasa ada sesuatu yang hilang, sendirian, dan kesepian. Saya bingung karena saya tidak tau sebenernya saya ini kenapa. Saya ingin mencoba ke psikolog tetapi ortu saya tidak mendukung dan pasti akan berkata kalau saya nggak normal. Saya bingung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya terimakasih sudah bercerita. Cerita kamu mungkin sama seperti orang yang pernah membaca tulisan saya ini. Sebagai orang awam, saya juga tidak bisa menjelaskan secara ilmiah apa alasan dibalik perasaan sedih ini.

      Satu-satunya solusi memang harus konsultasi ke psikolog. Tapi seperti yang kamu bilang, di Indonesia, datang ke psikolog itu masih dianggap tabu. Itu permasalahan yang kadang jadi kesulitan tersendiri untuk orang-orang seperti kita yang punya rasa penasaran sendiri dengan kondisi psikis kita saat ini.

      Hapus
  22. sy jg merasakan hal yg sama
    sya baru melahirkan 3bln yg lalu
    mungkin pengaruh pola hidup sy yg baru sebagai ibu
    tp ini benar2 ga enk
    yg pernah mengalami ini, proses sembuh/tidak pernah mengalami nya lg lama tidak. atw berbulan2 baru bisa merasakan tenang saat bangun tidur.
    sy mau sprti dlu lg bangun tidur tanpa ada rsa sedih,takut,cemas,hampa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman, memang tidak ada yang tahu kapan perasaan ini bakal sembuh. Yang pasti biasanya perasaan ini sembuh dengan sendirinya kok :) makasih sudah bercerita,semoga cepat pulih dari perasaan yang aneh ini.

      Hapus
  23. Saya juga merasakannya mba, malah sering terjadi pada saya.
    Setiap mau tidur(org pada tidur dan kamar Jadi sepi, mulai perasaan sedih dtg tiba2). Dan stlh bngun tidur juga sedih bgt rasanya ntah knp? Ngga paham pen nangis😭

    BalasHapus
  24. aku jg gt kak , pas mau tdr siang kaya pgn nangis and sedih gajelas.Dan ternyata dulu aku lagi kecil prnh bilang ke mama aku klo mama mau pergi aku ikut, nah disitu aku tidur ,setelah aku tidur ternyata mama aku diam2 pergi dan akuu langsung reflek bangun manggil2 mama saking pengn ikut dan aku langsung nangis karna sedih ditinggalin.mungkin penyebab aku gabisa tdr karna trauma ditinggalin gt:)) sampe skrng masi gabisaa tidur siang , klo tidur siang harus ada tmn biar nyenyak :((

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.