5 Rekomendasi Podcast Indonesia Terkeren

Podcast indonesia terkeren

Buat kalian yang belum tahu. Podcast adalah platform yang di indonesia sendiri masih terbilang baru. Di podcast ini kalian bisa mendengarkan sebuah konten keren, menarik, inspiratif tapi dengan konsep  seperti mendengarkan radio.

Banyak aplikasi yang menyediakan wadah bagi podcaster (sebutan bagi konten kreator podcast). Tapi salah satu aplikasi yang banyak mewadahi para podcaster adalah Spotify.

FYI, belum lama ini Spotify telah bertransformasi, bukan lagi sekedar aplikasi mendengarkan musik saja. Semenjak mengakusisi beberapa platform podcast seperti Anchor, Spotify kini memiliki 2 platform dalam satu aplikasi. Satu platform untuk para pecinta musik, satu lagi untuk pecinta podcast.

Nah, Kali ini saya akan membahas 5 podcast terfavorit yang sering saya dengar. Awalnya saya akan mengurut nama-nama poodcast berdasarkan genre-nya.

Walaupun podcast masih terbilang platform baru, tapi sudah banyak kreator podcast yang kreatif dalam menginovasi kontennya. Tapi sebagai awalan, saya akan review beberapa podcast secara random. Mungkin dilain waktu, saya akan rekomendasikan podcast berdasarkan genre-nya.

1. RAPOT (Reza, Anka, Radhini, Abigail)
Podcast rapot

Podcast ini dikenal sebagai podcast yang rame banget atau lebih tepatnya berisik. Kalian akan menemukan banyak kebacotan 4 sekawan yang berbicang tentang topik-topik tertentu.

Kebanyakan topik yang dibahas adalah topik yang ringan dan related dengan kehidupan kita. Kita? Saya rasa lebih tepatnya mereka yang tumbuh besar di usia 90-an sampai 2000-an ke atas. Kalau saya sih kurang related ya. Kalian yang lahir pasca reformasi seperti saya, mungkin akan kurang ngerti apa yang mereka bacotkan.

Tapi kenapa saya masukan podcast RAPOT sebagai rekomendasi? Karena bacotan mereka receh-receh anyep tapi seru. Kadang mereka saling gibah dan membuka aib satu sama lain, ala-ala emak-emak gosip di yang ngedumel di tongkrongan tukang sayur. Apa yang mereka bicarakan kadang bikin saya ingin bilang "apasih!" tetapi tetep selalu bikin saya ketawa.

2. Randi dan Gustika Are: Unqualified
Podcast Randi dan Gustika are: unqualified

Sejauh yang saya tahu, ini podcast yang kontennya paling dalem. Dalam arti obrolan yang dibahas lumayan seksi dan deep.

Sebenarnya yang membuat podcast ini menarik adalah email-email yang dikirim pendengar podcast ini. Jadi konsepnya, Randi dan Gustika menentukan tema yang akan dibicarakan, lalu pendegar podcast bisa mengirim cerita atau curhatan pribadi apapun ke email mereka.

Nanti Randi dan Gustika akan membacakan email itu di dalam podcast dan ikut mengomentarinya. Banyak email yang masuk adalah curhatan yang boleh dikatakan sensitif dan sangat aib. Oleh karena itu, Randi dan Gustika menyarankan agar pengirim email merahasiakan identitas asli mereka.

Dan hasilnya, curhatan yang masuk ke email hampir seluruhnya menarik dan menginspirasi. Kenapa menginspirasi? Karena ada banyak curhatan tentang jatuh bangunnya kehidupan seseorang.

Ada yang curhat karena pernah di bully lalu bangkit. Ada curhatan seorang transgender yang katakanlah bertobat dan kembali kepada jalan yang benar. Ada curhatan mereka yang keluarganya terpuruk dan masih banyak lagi.

Sayangnya podcast ini hanya rilis seminggu sekali di hari senin malam. Jadi kadang saya harus cukup menunggu lama untuk mendengarkan podcast terbaru mereka.

3. Bad Time Story
Podcast bad time story

Yang menarik, Wisnu Kumoro yang merupakan orang dibalik podcast ini memcurhatkan kisah-kisahnya sendiri yang bisa dikatakan kelam.

Tidak seperti podcast sebelumnya "Unqualified" yang hanya menerima curhatan dari pendegarnya. Bad Time story berusaha menceritakan cerita Wisnu yang pernah depresi, patah hati, ingin bunuh diri dan seterusnya. Tetapi dia berusaha megambil pelajaran dari masa lalunya tersebut.

4. LompatanHidup.com
Podcast lompatan hidup

Seperti namanya, podcast ini ada hubungannya dengan melompat-lompat. Lompat sana, lompat sini. Macam kodok galau yang baru ditinggal kekasih pas lagi sayang-sayangnya.

Bukan deng. Hehe.

Lompatan hidup disini maksudnya berusaha mengajak kita untuk melombat bersama meraih kehidupan yang kita inginkan. Dengan dipandu oleh pasangan suami-istri, Arywahono dan Cristabell, podcast ini berisi obrolan-obrolan ringan yang solutif dan memberi inspirasi pada kita bagaimana mengatasi permasalahan keluarga, hubungan, parenting, kesadaran, dan finansial.

Solusi yang diberikan cukup tidak menggurui karena mereka selalu mengawali topik yang akan dibahas berdasarkan hal-hal yang mereka alami sendiri.

Bagusnya lagi, Lompatanhidup dot com berusaha konsisten rilis podcastnya. Setiap hari. Walaupun begitu, saya pribadi tidak mendengarkan seluruh episode podcastnya karena saya coba pilih-pilih topik yang kira-kira nyambung dengan kehidupan saya.

Tidak mungkin kan saya mendengarkan podcast di episode yang membahas soal parenting karena saya masih pejaka alias belum menikah. Tapi kalau topik soal motivasi kesadaran, hubungan, pasti saya dengerkan.

5. DuoBudjang
Podcast duobudjang

Podcat ini di nahkodai oleh Eda dan Mario yang sama-sama punya punya background penyiar radio. Menurut saya mereka berdua itu saling melengkapi. Saling memahami kekurangan dan kelebihan satu sama lain.

Yang satu extrovert dan yang satu introvert. Oleh karena mereka punya kepribadian yang besebrangan, jadi kita diajak untuk melihat dua perspektif yang berbeda dalam satu topik yang sama. Jadi semacam tergantung kitanya, mau setuju apa kata Eda aau kata Mario, bahkan menyetujui argumen-argumen keduanya.

2 komentar

  1. Terima Kasih Mas sudah bersedia dengerin celoteh kami di podcast LompatanHidup.com ^_^ sukses selalu untuk blog-nya. Kapan2 ketemuan untuk ngopi2 / ngeteh2 sambil ngobrol2 santai ya ^_^

    ReplyDelete
  2. Oke mas/mba suatu saat mudah2an bisa ketemu yaa

    ReplyDelete

My Instagram