Berbisnis Online itu Tidak Mudah

Bisnis online tidak mudah

Kita mungkin pernah tertarik dengan tawaran-tawaran bisnis online yang ada di internet. Bagaimana tidak tertarik, banyak iklan di media sosial yang menawarkan bisnis online dengan profit besar.

"kerja mudah, tanpa keluar rumah, cuma pegang hp" adalah sederet kalimat tawaran bisnis online yang sering kita jumpai di media sosial. Tawaran tersebut ada yang ecek-ecek, ada pula yang berskala besar dengan modal yang cukup menguras kantong.

Dulu saya pernah tertarik, meski saya urungkan karena hasil observasi dari teman-teman maya, kenyataan di lapangan tidak seminggiurkan yang di bacotkan.

Banyak teman saya yang pernah jadi korban. Diiming-imingi bisnis online dengan modal kecil dengan untung besar. Nyatanya bisnis online tidak semudah itu ferguso.

Teman saya mungkin tidak dirugikan dengan jumlah materi yang besar, tapi setidaknya harapan soal bisa cari uang sendiri jadi terbantahkan. Ya meski kecewa, setidaknya mereka sadar kalau bisnis online itu tidak segampang yang dikira.

Secara peluang, sebetulnya bisnis online memang punya ekspetasi keuntungan yang besar. Dengan canggihnya internet, kita bisa menjangkau konsumen yang luas. Tidak peduli konsumen tersebut berdomisili dimana, poduk bisa di dikirimkan kemanapun selama penyedia ekspedisinya tersedia.

Bayangkan jika hanya berjual offline, konsumennya hanya pembeli dari kota yang sama. Ya walaupun tidak menutup kemungkinan bisa menjangkau pembeli dari luar kota tapi itu juga kalau produknya sudah punya nama.

Misal kita jual t-shirt di Tasik, pembelinya pasti sebagian besar dari Tasik juga. Coba kalau jualan online. Calon pembelinya bisa dari luar Tasik bahkan bisa terjual ke seluruh Indonesia. Tapi dengan kemudahan tersebut, persaingan pasti kian sengit.

Prinsipnya sederhana, dimana ada peluang besar, disitu pasti ada persaingan besar. Prinsip tersebut sebetulnya berlaku pada semua jenis bisnis, tak terkecuali bisnis online.

Ketika peluang untuk mendapat profit besar terbuka lebar, maka akan banyak orang yang juga tertarik. Jadi akan ada banyak persaingan pula disana. Artinya bisnis online dengan kondisi yang sekarang merupakan lahan basah yang tidak bisa remehkan.

Bisnis online semakin sulit karena pemainya terlalu banyak. Tapi bukan berarti tidak mungkin untuk dicoba. Diluar sana banyak kisah sukses pebisnis online yang merintis usahanya dari nol sampai besar. 

Ada banyak kunci sukses yang bisa diterapkan selama kita bisa komitmen dan tekad yang kuat. Toh sekarang banyak ilmu marketing juga yang bisa dipelajari di internet secara gratis.

Foto: billionairecoach.co.id

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram