Tips Makan Sehat Saat Traveling

makanan sehat
healthfoood.com
Saat sedang traveling, pasti kamu sangat mudah tergiur untuk makan banyak. Ditambah lagi saat makan malam, pasti kamu tergiur dengan makanan manis khas dari destinasi liburan kamu. Berikut tips makan sehat saat traveling yang dilansir dari situs yang memberikan banyak promo tiket, Reservasi.com:

1. Jangan lupa sarapan
Hal penting agar tetap sehat ketika traveling adalah sarapan. Dengan sarapan, tenaga kamu akan terpenuhi untuk melakukan aktivitas dari pagi sampai siang. Jadi saat sudah mendapatkan tiket pesawat Citilink murah di Reservasi.com, pastikan kamu juga memesan hotel yang menyediakan sarapan. 

2. Membawa makanan ringan sendiri.
Tips pertama adalah membawa snack sendiri. Ketika mungkin semua orang menawarkan banyak pilihan, kita mungkin bisa lebih memilih makan apel yang kita bawa sendiri.

3. Siapkan makanan sendiri
Selain membawa makanan ringan sendiri, tentunya membawa bekal adalah pilihan yang tepat. Apapun jenis transportasi yang kamu naiki, entah bus atau pesawat, makanan yang dibawa dari rumah akan lebih bersih. Ini karena kamu tahu bagaimana cara pembuatannya.

4. Menukar menu dalam porsi makan
Cobalah untuk menukar pilihan menu dengan makanan yang lebih sehat dalam porsi makan kita. Misalnya jika kamu menyukai daging panggammng untuk menu makan utama, sekarang cobalah salad. Dibanding pizza atau pasta di restoran Italia, kamu bisa mencoba pilihan ikan dengan sayur. Kamu juga bisa mengurangi konsumsi roti dan mentega secara bersamaan.

5. Banyak minum air mineral
Hindari menenggak minuman beralkohol dan bersoda ketika traveling. Keduanya hanya bisa membuat kamu dehidrasi. Untuk itu, selalu minum air mineral ketika traveling.

6. Simpan banyak air mineral dan buah di kamar hotel
Biasakan untuk menyimpan air mineral botolan dan buah sendiri. Mungkin hotel tempat kamu menginap menyediakan buah, tapi dalam jumlah yang terbatas. Untuk itu, siapkan sendiri buah dan air yang cukup.

7. Katakan tidak pada soda
Kemungkinan kamu akan lebih banyak minum dari biasanya saat traveling bersama teman-teman. Jadi lebih baik kamu tidak meminum soda, karena satu kaleng soda dapat mengandung sekitar 40 gram gula (sekitar 10 blok gula). Ganti soda dengan air mineral ya! 

8. Optimalkan prasmanan
Saat porsi makan tidak terbatas, sangat mudah untuk mengambil piring dan memilih makanan dengan sembarangan, yang biasanya tidak biasa kamu makan, menjadi kamu konsumsi.  Minum segelas penuh atau dua gelas air setelah kamu bangun di pagi hari sehingga kita tidak lapar ketika kita pergi ke makan prasmanan. 

Alangkah baiknya sebelum kamj membuat pilihan, lakukan pengecekan pada makanan prasmanan yang tersedia dan atur porsi makan kita agar tidak berlebihan. Lebih baik lagi, kita bisa lewat makan prasmanan dan pesan dari menu set saja.

9. Hindari makanan cepat saji
Memilih makanan cepat saji memang lebih praktis ketika traveling, tapi ini tidak sehat. Biasanya, makanan cepat saji kaya akan lemak dan kalori yang tentu tak baik untuk kesehatan. Jadi, lebih baik pilih makanan yang kaya dengan komponen sehat, seperti sayur.

Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi selama bepergian? Berikut makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat traveling: 

Quinoa 
Quinoa adalah biji-bijian populer yang banyak dijual di pasar swalayan. Quinoa bisa dikonsumsi bersama roti, susu, maupun sereal. Quinoa ini sangat baik karena didalamnya mengandung serat tinggi, serta kaya zat besi. Makanan ini membantu mengurangi kelelahan usai perjalanan.

Lemon 
Kekebalan tubuh yang baik diperlukan guna mencegah timbulnya penyakit usai bepergian. Lemon membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Ceri 
Jika kamu sulit tidur di pesawat, buah ceri bisa menjadi camilan sehat di tengah penerbangan kamu. Buah ceri memiliki kandungan melatonin yang memperlancar sistem saraf agar kamu lekas terlelap.

Blewah 
Blewah kaya kandungan kalium, vitamin C, dan dapat memberi kamu banyak energi. Dalam blewah juga terkandung zat adenosin yang mencegah berbagai penyakit serius. 

Jahe 
Tahukah kamu, jahe itu bisa membuat otot tetap rileks, mengurangi sakit kepala di tengah perjalanan, dan membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari.

Peppermint
Jika kamu merasa mual atau menderita masalah pencernaan, peppermint adalah obat yang bagus untuk menghilangkan rasa mual. Campurkan peppermint dengan teh. 

Yoghurt
Saat traveling, tubuh rentan mengalami gangguan pencernaan. Sebab, kamu kemungkinan besar akan mencicipi berbagai jenis makanan baru. Yoghurt membantu menghindarkan tubuh dari beberapa gangguan pencernaan, seperti diare, konstipasi laktosa, dan penyakit usus. Bakteri yang terdapat pada yoghurt bermanfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Pisang 
Kamu yang akan bepergian naik gunung, disarankan mengonsumsi banyak pisang sebagai penambah energi dan penguat tulang. Jadi sudah tahu bukan tips dan makanan sehat saat traveling?  
Untuk kamu yang mau tahu promo tiket pesawat ataupun harga tiket pesawat Citilink yang murah, bisa coba cek di Reservasi.com saja ya!

Baca juga:

    0 komentar:

    Post a Comment

    My Instagram