BREAK

Review Film 'Bad Genius', Ketika Contek Menyontek Jadi Kejahatan Internasional

Film ini sangat related dengan kehidupan remaja di sekolah tentang kegiatan contek-mencontek yang masih dianggap lumrah oleh sebagian siswa.
Poster Bad Genius (sumber: allsharedhd.com)
Bad Genius merupakan sebuah film Thailand yang menceritakan tentang seorang siswi berprestasi yang memanfaatkan kepintarannya untuk hal negatif. Ia memberikan contekan atau jawaban soal dengan imbalan uang cukup besar yang dihitung dari per-mata pelajaran kepada beberapa teman-temannya di sekolah.

Tokoh utama Lynn yang diperankan oleh Chutimon Chuengcharoensukying ini memperlihatkan kejahatan yang luar biasa pintar. Ia mengatur strategi sedemikian rupa agar orang-orang yang telah membayarnya dapat mengisi setiap jawaban soal dengan benar. Semua jawaban tersebut diambil dari hasil pemikirannya yang kemudian diberikan kepada siswa lain melalui kode yang kurang lebih Lynn sebut sebagai ‘kode piano’.

Jadi setiap pilihan jawaban, punya kodenya tersendiri. Misalkan jika jawaban no 2 dari soal ujian adalah A. Maka Lynn akan menggerakan jari-jarinya seperti sedang bermain piano melalui kode piano yang sudah disepakati.

Ayahnya Lynn yang merupakan seorang guru tidak mengetahui ‘bisnis’ haram yang dilakukan oleh anaknya ini. Ia hanya mengetahui bahwa Lynn mendapat uang yang banyak dari hasil membuka les piano. Padahal les tersebut hanya kamuflase untuk mengajarkan bagaimana cara mengetahui kode piano.

menyontek
salah satu scene 'Bad Genius'  (via screenshot film)
Kejahatan Lynn menjadi sangat keterlaluan bahkan menjadi kejahatan internasional ketika ia menawarkan jasa contekan jawaban kepada puluhan orang yang akan mengikuti tes ujian kuliah ke luar negeri. Klimaks dari cerita ini adalah Lynn sebagai tokoh utama sekaligus tokoh antagonis ini menyadari bahwa semua yang dilakukannya adalah kesalahan besar.

Runtutan kejahatan yang ia lakukan dengan memberikan contekan kepada murid lain ternyata memang kesalahan yang fatal. Bagi kamu yang akan melihat film ini, pasati akan tercengang dengan tingkah laku Lynn yang kelewatan batas. ‘Bad Genius’ akan memperlihatkan kejahatan siswa yang sering dianggap sepele ini akan terlihat lebih mengerikan dari biasanya.

Bad Genius Berhasil mendramatisir dengan baik dari kisah sederhana yang berhasil mengajak kita untuk bernostalgia dengan prilaku tidak terpuji di masa sekolah. Dari sepanjang film dari awal sampai akhir, kita akan diajak untuk ‘sport jantung’ dimana penonton akan merasakan betapa ‘deg-degan’nya kita ketika diam-diam mencontekan jawaban maupun ketika berusaha mencari contekan orang lain.

Belum lagi ketika ujian, ada beberapa pengawas ruangan yang sangat memperhatikan gerak-gerik siswa saat mengerjakan soal. Film ini sangat apik dan pantas sekali di tonton untuk siapa saja yang ingin mengenang masa sekolah. Tapi ingat semua metode contek-mencontek di film ini jangan ditiru yaa.

JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...

Post a Comment

 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates