BREAK

Melihat Penampakan Tugu 'Monas' dari Tasikmalaya

tugu monas yuda tasikmalaya
Tugu 'Monas' dari Tasikmalaya via Tasikzone.com  
Seorang anak kecil sebut saja Meki terlihat kegirangan melihat sebuah tugu menjulang tinggi dan menampakan lampu warna-warni. Ya, tugu yang dimaksud adalah tugu yang sebagian orang Tasik bilang  tugu ‘Monas’. Tugu ini dibangun oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya yang sedang giat-giatnya menata beberapa tempat yang bisa dijadikan icon baru kota. 

Salah satu yang paling menyedot perhatian adalah pembangunan tugu yang berada di perempatan Jalan Gunung Sabeulah, Yudanegara. Walaupun sempat di kritik oleh pemerhati tata kota Nanang Nurjamil, tugu yang disebut sebagai versi mini dari tugu Monas ini tetap berdiri indah dengan lampu kelap-kelipnya.

Setiap hari, sepulang kuliah, kanda melihat tugu ini nampak seperti hiasan yang kurang menarik karena tidak memperlihatkan warna-warni lampunya. Memang daya tarik utama tugu ini dari lampu warni-warninya yang menyala pada saat malam hari saja.

tugu batik tasikmalaya
foto: tasikzone.com

Dijuluki tugu ice cream sampai tugu permen payung


Karena belum diberi nama khusus, tugu ini mendapat banyak sekali julukan. Selain disebut tugu Monas, masyarakat sekitar juga memanggilnya dengan sebutan tugu ice cream sampai tugu permen payung. Tapi menurut kanda, semua julukan itu tidak ada yang cocok. Tugu ini justru punya nilai eksentrik yang unik. kasih dua jempol buat kreatornya ya.

Dari traffic light berubah jadi tugu


Sebelum menjadi tugu, tempat ini dulunya merupakan traffic light yang sudah lama tak berfungsi. kemudian akhirnya Pemkot Tasikmalaya memutuskan mengubahnya menjadi sebuah tugu.
Padahal menurut Nanang, dengan seringnya terjadi kemacetan seharusnya tempat ini diperbaiki lagi menjadi traffic light yang baru, bukan malah dijadikan tugu yang tidak punya aspek manfaat.

Bila dilihat dari dekat, tugu ini memililiki corak batik di tubuhnya. Ini juga berkaitan dengan daerah Yudanegara yang dulunya merupakan Pasar kain batik. Tugu ini juga memiliki tinggi 9 meter dan lebar 3 meter dengan bertunjukan lampu warna-warni berdurasi 10-15 menit yang beraksi selama malam hari. 

“Indah banget yaaa..” kata meki.

“Apanya?”

“Itu tuh!” sambil menunjuk ke arah wanita tanpa busana.



JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...

Post a Comment

 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates