BREAK

Kesadaran Tentang Membuang Sampah

Di beberapa tempat, memang sudah ada yang menyediakan tempat sampah yang memisahkan antara sampah organik dan an-organik. Tapi tetap saja masih ada orang yang tidak tahu atau mungkin tahu tapi pura-pura tidak tahu soal membedakan jenis sampah yang harus mereka buang.

Kanda pernah menjumpai orang-orang yang membuang sampah plastik ke dalam tempat sampah organik. Jelas itu bukan tempat yang tepat. Tapi mereka tetap saja tidak acuh. 

tempat sampah organik dan an-organik serta sampah di sekelilingnya via halloriau.com
Padahal, pemisahan 2 jenis sampah dilakukan agar pemilihan sampah mudah dilakukan. Terutama untuk sampah organik. Sampah ini bisa dijadikan sebagai pupuk kompos yang bebas bahan kimia. Sedangkan sampah an-organik dapat di recyle kembali menjadi barang baru yang bernilai jual.

Tapi dalam realitasnya, pemisahan 2 jenis tempat sampah ternyata tidak memberikan kesadaran bagi sebagian besar orang. Harusnya setiap orang punya kesadaran tersendiri bahwa betapa perlunya mentaati aturan tentang membuang sampah yang benar. 

Di rumah, kita jarang melakukan pemisahan terhadap jenis sampah. Tempat sampah mau itu sampah organik atau an-organik disatukan begitu saja. Mungkin hal ini yang membuat kita tidak bisa belajar. Menyepelekan hal-hal yang dianggap sepele ini sebagai yang hal biasa. 

Jika orang-orang tetap melakukan hal buruk seperti ini, untuk apa gunanya pemisahan jenis tempat sampah? Sama aja bohong dong?

Ini terjadi karena belum ada kesadaran dari diri kita untuk menjaga lingkungan. Kita menganggap bahwa kebersihan hanya tugas dari petugas kebersihan. Kebersihan selama ini hanya mendasar pada bersih fisik kita. Peduli pada kebersihan tubuh, gigi, tangan, badan dan wajah. Kita rawat, berseka, membersihkan anggota badan, selain karena menjaga penampilan, kita peduli pada kesehatan. 

Tapi sayangnya kita jarang yang peduli terhadap kebersihan yang ada pada lingkungan. Padahal kebesihan diri kita dipengaruhi dari lingkungan itu sendiri. Meskipun kita peduli merawat kebersihan tubuh tapi jika lingkungan kotor sama saja bohong. 

Membuang sampah adalah bagian dari hal kecil yang mudah dilakukan tapi malas juga untuk dilaksanakan. Kita sering berkata kebersihan sebagian dari iman. Tapi pada hal-hal sepele saja susah. Jangan sampai kita berpikiran, ‘buang sampah ke tempatnya saja sudah syukur, apalagi sadar buang sampah sesuai jenis sampahnya’. buang sampah ke tempatnya itu sebuah keharusan terutama jika terdapat tempat yang menyediakan 2 jenis tempat sampah.

Kita harus memulai kebiasaan kecil ini dari sekarang. Jangan mencontoh orang yang membuang sampah tidak pada tempat yang seharusnya. Jangan berpikir, susah mencari orang-orang bisa sadar dalam membuang sampah, tapi berpikirlah untuk melakukan kebiasaan baik dimulai dari diri kita dulu. Kemudian bisa jadi kebiasaan baik itu bisa dicontoh oleh orang lain. kebiasaan ini perlu dimulai dari kita, karena jika bukan kita, lantas siapa lagi?

JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...

13 comments :

  1. Buanglah sampah pada tempatnya. Bersih pangkal sehat.... ��

    ReplyDelete
  2. kesadaran kita akan kebersihan masih berkurang, jadinya sampah berserakan dimana-mana

    ReplyDelete
  3. memang miris kalo melihat orang yang membuang sampah sesuka hati mereka, sekarang tinggal tergantung dengan kepribadian orang aja sob.

    ReplyDelete
  4. Menurut gw kesadaran membuang sampah masalah kebiasaan yg mencerminkan dirinya sendiri

    ReplyDelete
  5. se oga artikel ini dapat membantu menyadarkan mereka yang buang sampah sembarang

    ReplyDelete
  6. benar gan, semakin jaman meningkat semakin banyak orang yang tidak sadar membuang sampah.

    ReplyDelete
  7. miris ngeliat orang yang buang sampah sembarangan :( semoga masyarakat indonesia bisa lebih menghargai lingkungan.

    ReplyDelete
  8. semoga oranhg yang membaca artikel termasuk yang mmbuang sampah pada tempanya :D

    ReplyDelete
  9. nice post, semoga masyarakat kita lebih tertib dan sadar diri

    ReplyDelete
  10. yang brengsek itu kadang yg pake mobil asal lempar sampah aja keluar

    ReplyDelete
  11. yang berengsek lagi yang buang pamppes ke sungai, masak mancing sering kecol pampes sekarang

    ReplyDelete

 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates