BREAK

Hidup selalu memberikan 2 pilihan. Mana yang akan dipilih?

2 pilhan via mila804.wordpress.com

Mungkin, Salah satu hal yang membuat kita bingung dan gelisah adalah kita sering dihadapkan pada 2 pilihan.

Opsi yang terbagi 2 mungkin bagian dari konsep sederhana hukum alam atau memang sebagai cara tuhan memberikan cobaan pada umat manusia?

Ketika dihadapkan pada 2 pilihan kita akan merasa kebingungan, gundah, gelisah dan tidak tahu mana yang harus kita pilih. Bila salah memilih saja, akan fatal akibatnya. Dalam kehidupan, kita akan sering dan tak akan bisa jauh dari yang namanya konsep, memilih diantara 2 pilihan. Dari mulai bangun pagi hingga tertidur lagi setelah menjalani aktivitas kita selalu dihadapkan dengan 2 pilihan.

Hal-hal sepele seperti ketika bangun pagi, kita diberi pilihan apakah harus melanjutkan pergi ke kamar mandi atau melanjutkan tidur. kemudian, setelah sarapan pagi kita diberi pilihan apakah memilih menyempatkan menonton tv sebentar atau segera pergi ke sekolah. Sampai di sekolah kita diberi 2 piihan lagi, apakah akan langsung masuk ke kelas atau memilih pergi ke kantin untuk sekedar bercengkrama dengan teman-teman. ketika guru sedang menerangkan materi pelajaran, kita memilih untuk mendengarkannya atau memilih tidak mendengar a.k.a asik mengobrol dengan teman sebangku.

Semua itu adalah pilihan. Jadi dari mana kita akan memulai sebuah pilihan? Sekecil apapun pilihan itu akan memberi dampak besar yang mungkin tidak kita ketahui.

Siapa sangka ketika kita lebih memilih melemparkan pecahan beling ke tengah jalan daripada membuangnya ke tong sampah. Bisa saja disaat yang sama, ada kendaraan besar yang lewat, lalu tergilas oleh ban mobilnya dan mengakibatkan mobilnya tiba-tiba kempes, lalu oleng, menabrak pohon, pohon itu lalu tumbang terkena rumah, lalu rumahnya hancur, lalu kompor gas yang ada dirumah itu meledak, lalu terjadi Kebakaran, kebakaran itu menyebabkan api menjalar kemana-mana, rumah lain ikut terbakar, orang-orang histeris ketakutan dan jadilah tragedi beling-beling kaca.

Okelah itu lebay. Tapi itu mengingatkan kita memang pada sebuab film fenomenal: Final Desnation yang berawal dari kesalahan kecil kemudian menjadi masalah besar. Tapi siapa yang akan tahu kejadian buruk akan terjadi? Masa depan? Masa depan adalah sesuatu yang paling menjadi misteri. Mestipun di dunia ini sudah banyak peramal bahkan peramal dadakan di jejaring sosial yang  menyediakan ramalan berdasarkan bintang kita tentang masa depan mengenai jodoh, keuangan sampai nasib kita di masa depan. Ironi memang. Mungkin perlu diketahui bahwa orang yang mencoba meramal itu bahkan tidak begitu tahu tentang masa depannya sendiri.

Namun cara terbaik untuk memulai sesuatu pilihan adalah dengan berpikir. Menentukan mana yang harus dijadikan pilihan. Tergantung apakah pilihan yang kita pikirkan itu salah atau benar, kita harus tetap memillihnya. Tapi kita bisa menimbang 2 pilihan itu berdasarkan kemungkinan terburuk. Dalam artian, kita bisa memilih satu pilihan yang resikonya paling kecil.

Atau mengira-ngira apakah pilihan satu dengan yang lainnya akan berefek buruk atau salah satunya memberi efek baik untuk kita. Bukan sekedar baik sih, lebih kepada apakah efek itu akan berdampak positif dan negatif. Terkadang efek buruk juga akan memberi suatu hal positif. Persis seperti obat. Rasanya pahit tapi memberi efek positif bagi penggunanya.

ketika Segala cara dan upaya telah dilakukan. Namun kita masih belum menemukan pilihan yang menurut kita tepat, Allah menyediakan suatu media yang paling ampuh kita. Yakni sholat istikharah. mari Kita sholat istikharah!


Juni, 2013







JANGAN LUPA SHARE KE:

Baca Juga:
Memuat...

Post a Comment

 
Copyright © 2015 :Daffa Ardhan. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates