video musik 'Bad Blood' Taylor Swift tiru 'comeback home' 2NE1 ?


Sebelum adanya musik video bad blood nya Taylor swift  ini, saya sudah tertarik lebih dulu dengan musik video 2NE1 berjudul comeback home.
Namun baru baru ini banyak netizen yang menduga kalau video musik bad blood milik taylor swift ini meniru video musik dari girls group korea, 2NE1.
Apa yang membuat netizen menyangka kalau bad blood adalah hasil plagiat?
Bisa dilihat di screen shot dibawah ini. Beberapa adegan memang mirip antara kedua video.





Pembukaan video yang dimulai dari sebuah gemerlap kota.


Adegan 'sang tokoh utama' berada di sebuah mobil.


Adegan ketika ke empat personil tertidur di sebuah alat canggih dan taylor swift yang tertidur di sebuah alat canggih macam scanner.


Face shot CL'2NE1 dan taylor swift yang sama sama menggunakan semacam helm atau pelindung mata yang menutupi wajah.


Dan adegan membawa petasan (atau obor?) Di tangan kanan.


Dengan melihat beberapa shot atau adegan memang terlihat mirip. Akan tetapi terlalu mudah untuk menyimpulkan kalau "bad blood" ini
meniru musik video 'comeback home'. Kenapa?
karena bila kita melihat beberapa adegan yang sama memang akan terlihat mirip namun, ketika melihat keseluruhan video secara umum tak ada yang sama antara keduanya.
Okelah banyak video yang menampilan adegan yang mirip. Tapi story-line yang ada di masing masing video sangat berbeda.
"Bad blood" menampilkan tema pasukan super hero wanita yang dilatih untuk menumpas tokoh tokoh antagonis.
Sedangkan "come back home" lebih mengambil tema dunia masa depan dan 4 tokoh (yang diperani oleh ke 4 member 2ne1) sebagai tim yang berusaha menyelamatkan orang orang yang terhasut oleh tawaran dunia mimpi yang disebut "virtual paradise".
Kesimpulannya 2 video musik ini boleh dikatakan "mirip". Tapi jauh dari kata "sama". Kedua-duanya sama sama membuat saya terpukau dengan efek komputer yang seperti nyata, like a real.
Ya pada hakekatnya sebuah karya memang tak ada yang orisinil. kemiripan pada sebuah karya masih dibilang wajar. Kreator kreatornya mungkin Mengambil sedikit idenya saja. Yang tak baik itu menjiplak mentah mentah tanpa ada mengembangan ide. Right?







Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.